Monumen Jogja Kembali, Melihat sejarah Jogja

sumber gambar: wikipedia.org

Monumen Jogja Kembali

Untuk mengenang peristiwa sejarah perjuangan bangsa, pada tanggal 29 Juni 1985 dibangun Monumen Yogya Kembali (Monjali). Peletakkan batu pertama monumen setinggi 31,8 meter dilakukan oleh HB IX setelah melakukan upacara tradisional penanaman kepala kerbau. Empat tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 6 Juli 1989, bangunan ini selesai dibangun. Pembukaannya diresmikan oleh Presiden Suharto dengan penandatanganan Prasasti.

Monumen yang terletak di Dusun Jongkang, Kelurahan Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kapubaten Sleman ini berbentuk gunung, yang menjadi perlambang kesuburan juga mempunyai makna melestarikan budaya nenek moyang pra sejarah. Peletakan bangunanpun mengikuti budaya Jogja, terletak pada sumbu imajiner yang menghubungkan Merapi, Tugu, Kraton, Panggung Krapyak dan Parang Tritis. ” Poros Makro Kosmos atau Sumbu Besar Kehidupan” begitu menurut Pak Gunadi pada YogYES. Titik imajiner pada bangunan yang berdiri di atas tanah seluas 5,6 hektar ini bisa dilihat pada lantai tiga, tepatnya pada tempat berdirinya tiang bendera.

Nama Monumen Yogya Kembali merupakan perlambang berfungsinya kembali Pemerintahan Republik Indonesia dan sebagai tetengger sejarah ditarik mundurnya tentara Belanda dari Ibukota Yogyakarta pada tanggal 29 Juni 1949 dan kembalinya Presiden Soekarno, Wakil Presiden Mohammad Hatta dan petinggi lainnya pada tanggal 6 Juli 1949 di Yogyakarta. atau ingin melihat Batu Night Spectacular

sumber: www.antarejatour.com

Lokasi Monumen Jogja Kembali

Lokasi Monumen Jogja Kembali tidak terlalu jauh dari pusat Kota Jogjakarta dan mudah dijangkau. Alamat tepatnya berada di Jl. Ringroad Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Fasilitas yang Ada di Dalam Monumne Jogja Kembali

Fasilitas yang ada di Monumen Jogja Kembali belum cukup lengkap tetapi cukup membuat nyaman para pengunjungnya diantaranya:

  1. Auditorium
  2. Area bermain anak-anak
  3. Kafetaria
  4. Tempat parkir
  5. Kamar mandi
  6. Telepon umum
  7. Ada juga taman pelangi
  8. puri hantu, dan masih banyak lagi
sumber: antarejatour.com

Tertarik dengan destinasi ini, hubungi kontak kami. Klik disini